Pada hari Selasa 23 Mei 2023 melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pasca Akreditasi Program Studi D3 Analis Kesehatan oleh LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan). Monev dahulunya disebut dengan istilah Surveilans, namun semenjak adanya SK LAM-PTKes Nomor 27 Tahun 2021 tepatnya pada tanggal 12 November 2021 istilah Surveilans dirubah nomenklaturnya menjadi Monitoring dan Evaluasi Pasca Akreditasi.

Tujuan dari Monitoring dan Evaluasi pasca akreditasi adalah untuk memantau dan mengevaluasi program studi kesehatan yang telah terakreditasi dengan peringkatnya. Program studi D3 Analis Kesehatan AAK Pekalongan telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi dengan peringkat Baik pada tanggal 24 September 2021 dan berlaku sampai 23 September 2026.

Kegiatan monev ini dilaksanakan secara online/ daring (dalam jaringan) dengan Herlisa Anggraini SKM,.M.Si Med (Universitas Muhammadiyah Semarang) sebagai Asessor LAM-PTKes, kemudian dibuka secara resmi oleh Direktur Akademi Analis Kesehatan Pekalongan secara online, dan selama kegiatan monev didampingi oleh Wakil Direktur,  dan Kepala Program Studi, , Dosen, laboran dan staf Prodi Analis Kesehatan.

Sebelum dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pasca Akreditasi, LAMPT-Kes secara online mengirimkan rekomendasi asesor pada saat akreditasi yang dikirimkan via akun SIMAk (Sistem Manajemen Akreditasi) LAM-PTKes dan e-mail pimpinan Jurusan dan Prodi, rekomendasi tersebut dalam beberapa waktu lamanya harus ditindaklanjuti oleh pihak prodi kemudian pada waktu yang ditentukan harus memberikan progress tindak lanjut tersebut bersama dengan dokumen pendukung yang di upload pada akun LAM-PTKes Prodi. Kemudian tindak lanjut yang sudah dikirimkan akan ditanggapi kembali dan pihak LAM-PTKes dengan Prodi akan membuat kesepakatan waktu untuk melaksanakan kegiatan Monev Pasca Akreditasi, yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2023.

Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 08.30 WIB sampai pukul 15.30 WITA, dan berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon positif dari asesor. Asesor menanggapi bahwa sebagian besar telah ditindaklanjuti sesuai dengan review asesor sebelumnya, namun ada beberapa rekomendasi yang berfungsi untuk lebih meningkatkan kualitas prodi D3 Analis Kesehatan. Kepala Program Studi, menyampaikan Ucapan Terima Kasih mewakili Direktur serta Prodi Analis Kesehatan Akademi Analis Kesehatan Pekalongan kepada asesor Herlisa Anggraini SKM,.M.Si Med serta mengharapkan setiap masukan dan rekomendasi yang disampaikan bisa menjadi perbaikan untuk ke depan prodi Analis Kesehatan menjadi lebih baik lagi

Leave a Comment