Akademi Analis Kesehatan Pekalongan memasuki usia yang ke-22 tahun mengalami perkembangan yang demikian pesat oleh karena itu saat ini terus melakukan pembenahan agar mampu memenuhi tuntutan global. Salah satunya adalah perlunya meninjau ulang Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Akademi dan Prodi yang akan berakhir pada tahun 2024 yang akan datang, peninjauan ini dimaksudkan agar sesuai dengan tuntutan global dan perubahan regulasi yang berlaku dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya pendidikan tinggi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Akademi Analis Kesehatan Pekalongan dr. Tuti SUparyati, M.Kes., saat memberikan sambutan dalam Evaluasi Ketercapaian dan Workshop Peninjauan Visi Misi Tujuan dan Sasaran Akademi Analis Kesehatan Pekalongan, yang diselenggarakan oleh Panitia Penyusunan VMTS, Selasa (20/12/2022).

Dr. Budi Santosa, SKM, M.Si Med., menjadi narasumber eksternal dalam acara Evaluasi Ketercapaian dan Workshop Peninjauan Visi Misi Tujuan dan Sasaran Akademi Analis Kesehatan Pekalongan tersebut.

Dr. Budi Santosa, SKM, M.Si Med, menjelaskan, visi adalah gambaran tentang masa depan yang dicita-citakan untuk diwujudkan dalam kurun waktu yang tegas dan jelas, serta menyatakan arah kegiatan lembaga secara spesifik, diketahui, dipahami dan menjadi milik bersama seluruh komponen pengelola akademi yang diwujudkan melalui strategi-strategi dan kegiatan terjadwal. Misi adalah kegiatan Caturdharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan upaya mewujudkan visi akademi.

Sedangkan tujuan adalah arah yang akan dicapai oleh masing-masing kegiatan pelaksanaan visi dan misi yang disusun secara realistis, unik, terfokus, dan keberhasilan pelaksanaannya dapat diukur dan relevan, dan Sasaran adalah hasil yang realistis, unik, terfokus, dan keberhasilan pelaksanaannya dapat diukur dengan rentang waktu yang jelas dan relevan terhadap misi dan visi.

Menurutnya, penyusunan Visi-Misi Akademi Analis Kesehatan Pekalongan kedepan berdasarkan pada atas fenomena yang berkembang serta prediksi masa depan dunia pendidikan yang semakin kompetetif. Hal ini dapat dari beberapa fenomena yakni: 1. Tuntutan dan harapan masyarakat (Social Expectation), 2. Tuntutan para pengguna jasa (users) dan stakeholders, 3. Semakin bertambahnya pengangguran intelektual ( para lulusan perguruan tinggi), dan 4. Perubahan regulasi dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi, terutama kebijakan merdeka belajar kampus merdeka.

Oleh karena itu Akademi Analis Kesehatan Pekalongan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta di lingkungan LL DIKTI wilayah VI memiliki cita-cita; Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan teori-teori baru;  dan Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan serta mengupayakan penggunaannya dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyusunan Visi Misi Abdul Ghofur, SKM, M.Kes (Epid)., menuturkan, bahwa target capaian dari workshop ini adalah Akademi memperoleh masukan yang komprehensif dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal sebagai bahan untuk untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi pengembangan yang berkesesuaian.

Sehingga dihasilkan program-program pengembangan alternatif maupun kurikulum yang tepat sesuai kebutuhan pasar kerja. Di samping itu, kegiatan ini diharapkan bisa membangun jejaring dan komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai pihak khususnya dari pihak eksternal dalam rangka pencapaian Visi Misi Tujuan dan Sasaran Akademi Analis Kesehatan Pekalongan.

Leave a Comment