Dalam upaya peningkatan pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Akademi Analis Kesehatan Pekalongan (LPPM AAK) Pekalongan melakukan kunjungan studi banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (LPPM UNIMUS). Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 15 November 2022 di Gedung LPPM UNIMUS.

Ketua LPPM UNIMUS, Prof. Dr. Ir. Purnomo, S.T., M.Eng, menyampaikan sambutan positifnya atas upaya sharing ilmu yang dilakukan LPPM AAK untuk meningkatkan kualitas manajemen penelitian dan pengabdian. Beliau menyampaikan gambaran umum LPPM UNIMUS yang saat ini telah merintis pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian mengacu pada peralihan Universitas Muhammadiyah Semarang menuju PTNBH. Salah satu kegiatan yang dilakukan, yakni Riset Kolaborasi bersama PTNBH yang menggunakan dana dari kelolaan WCU (World Class University) dan program jurnal review. Program-program lain melalui dana internal universitas juga dijelaskan dalam pemaparan studi banding ini.

LPPM AAK yang diketuai oleh Abdul Ghofur, SKM, M.Kes (Epid) diantaranya menanyakan pengelolaan dan eveluasi pusat studi dibawah LPPM yang menjadi point penting dalam pengembangan research group. Harapannya, selain sharing pengelolaan penelitian dan pengabdian, sekaligus dapat menimba ilmu terkait manajemen pendidikan sebagai upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Leave a Comment