header-int

Unit Kegiatan Mahasiswa

Posted by : Administrator
Share

Memasuki dunia perkuliahan, tentu kita merasakan banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Terutama untuk kamu yang baru memasuki dunia perkuliahan. Pasti rasanya sangat berbeda dengan waktu kita masih duduk di bangku sekolah. Tahu nggak, sih? Di dalam dunia perkuliahan juga ada sebuah ruang khusus sebagai wadah untuk mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Mungkin kalau di sekolah kita menyebutnya ekskul, kalau di perkuliahan kita menyebutnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Apa itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)?

Untuk kamu yang baru menjadi mahasiswa mungkin istilah UKM masih terdengar asing. Sebenarnya istilah tersebut sama saja dengan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan sistem pengelolaan organisasi secara mandiri.

Manfaat Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Mengikuti UKM tidak hanya sekedar menyalurkan minat dan bakat, loh! Kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang akan sangat berguna saat kamu lulus kuliah nanti. Ini beberapa manfaat saat kamu mengikuti UKM.

1. Menambah wawasan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mengikuti UKM adalah menambah wawasan. Saat mengikuti suatu UKM, kamu jadi lebih berwawasan dan mempunyai pemikiran yang terbuka. Biasanya dalam suatu UKM mempunyai anggota dari jurusan yang berbeda-beda, sehingga ini dapat memungkinkan terjadi pertukaran wawasan antara kamu dan anggota lain.

2. Pengalaman berorganisasi

Manfaat kedua adalah kamu jadi mempunyai pengalaman berorganisasi. Di dalam suatu kegiatan mahasiswa biasanya mempunya struktur organisasinya sendiri. Hal ini memungkinkan kamu untuk terlibat dalam kepengengurusan UKM tersebut, kamu juga bisa belajar bagaimana rasanya mempunyai tanggung jawab mengurus suatu organisasi.

3. Menambah relasi

Saat kamu mengikuti UKM, sudah pasti kamu akan mempunyai banyak teman dari berbagai jurusan. Punya banyak relasi saat kuliah dapat memudahkan kamu nantinya ketika lulus dalam mencari pekerjaan. Siapa tahu, relasi kamu itu punya channel pekerjaan yang oke!

4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif

Biasanya apa yang kamu lakukan saat perkuliahan selesai? Sebagian besar mahasiswa pasti menjawab nongkrong. Entah nongkrong di kantin kampus, atau di warung-warung kopi di sekitar kampus. Nongkrong memang enak, bisa berkumpul dengan teman tanpa memikirkan tugas kuliah. Tapi, ada manfaatnya nggak, sih? Kegiatan tersebut tentunya tidak mendapatkan manfaat sama sekali melainkan hanya membuang waktu dan uang kamu saja.

Daripada nongkrong yang hanya buang-buang waktu dan uang kamu, ada baiknya kalau waktu luangmu diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat, contohnya kamu bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu sukai. Selain waktu luangmu nggak terbuang sia-sia, kamu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lain.

5. Sebagai ajang untuk mengembangkan bakat

Biasanya UKM di suatu kampus banyak macamnya tergantung minat kamu ingin mengikuti kegiatan yang mana. Misalnya, kamu punya hobi bermusik. Dengan mengikuti UKM band atau sejenisnya kamu bisa mengasah lagi skill bermusik kamu.

Bisa saja saat kamu mengikuti UKM tersebut kemampuan bermusik kamu jadi meningkat dan kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru untuk tampil di depan banyak orang. Atau mungkin, saat kamu lulus kuliah nanti kamu ingin berkarier sebagai seorang musisi. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk lebih mengembangkan bakat yang kamu miliki.

Unidha Tenaga profesi yang memegang peranan penting dalam analisa laboratorium kesehatan. Analis kesehatan sering dikenal juga sebagai ahli teknologi laboratorium kesehatan. Standar Profesi Ahli Tenaga Laboratorium Kesehatan Indonesia ialah standar profesi bagi profesi ahli teknologi laboratorium kesehatan di Indonesia dalam melaksanakan tugas profesinya untuk berperan secara aktif terarah dan terpadu bagi pembangunan nasional Indonesia.
© 2021 Akademi Analis Kesehatan Pekalongan Follow Prodi Teknologi Laboratorium Medik : Facebook Twitter Linked Youtube