header-int

Sejarah Akademi

Posted by : Administrator
Share

Akademi Analis Kesehatan Pekalongan atau disingkat AAK Pekalongan atau disingkat AAK Pekalongan adalah perguruan tinggi profesional berbentuk akademi.

AAK Pekalongan diselenggarakan oleh Yayasan Wira Purnama Husada Pekalongan sebagai wujud peran serta yayasan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Penyelenggaraan pendidikan Analis Kesehatan didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang paripurna yang dilakukan oleh tenaga terampil dan mandiri. Seiring dengan kemajuan teknologi maka peran laboratorium kesehatan sebagai salah satu pilar pelayanan kesehatan yang paripurna tersebut senakin ditingkatkan. Sementara itu ketersediaan tenaga profesional di bidang analis kesehatan masih sangat sedikit.

Atas dasar pertimbangan di atas maka didirikan AAK Pekalongan pada tahun 2000 dan mendapatkan persetujuan Menteri Pendidikan Nasional melalui SK Mendiknas No. 217/D/0/2000 tanggal 10 Oktober 2000.

Tahun 2000 AAK Pekalongan merupakan satu-satunya perguruan tinggi penyelenggara pendidikan analis kesehatan di bawah Kooordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah VI Jawa Tengah yang telah mendapatkan rekomendasi ijin operasional dari Mendiknas.

Tanggal 26 Nopember 2004 Menteri Pendidikan Nasional melalui Direjen Dikti telah menilai AAK Pekalongan layak untuk melaksanakan pendidikan dengan dikeluarkannya SK Perpanjangan Ijin Operasional Program Studi Nomor 4618/D/T/2004 dan sekarang telah diperpanjang lagi dengan SK Nomor 3100/D/T/2007.

Unidha Tenaga profesi yang memegang peranan penting dalam analisa laboratorium kesehatan. Analis kesehatan sering dikenal juga sebagai ahli teknologi laboratorium kesehatan. Standar Profesi Ahli Tenaga Laboratorium Kesehatan Indonesia ialah standar profesi bagi profesi ahli teknologi laboratorium kesehatan di Indonesia dalam melaksanakan tugas profesinya untuk berperan secara aktif terarah dan terpadu bagi pembangunan nasional Indonesia.
© 2021 Akademi Analis Kesehatan Pekalongan Follow Prodi Teknologi Laboratorium Medik : Facebook Twitter Linked Youtube