SMART KOMPETEN PROFESIONAL SKILL SEHAT

Program Studi Diploma


Ahli Teknologi Laboratorium Medik atau yang dulu dikenal sebagai Analis Kesehatan melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Jenjang pendidikan TLM terdiri atas DIII dan DIV. Seorang Ahli TLM lulusan DIV memiliki seluruh kemampuan dan kewenangan Ahli TLM lulusan DIII, disertai dengan kemampuan melakukan pemeriksaan menggunakan metode dan alat canggih pada pemeriksaan khusus dan kompleks, serta memiliki kewenangan sebagai validator hasil pemeriksaan laboratorium dan sebagai pengelola laboratorium kesehatan.

Program Studi DIII Analis Kesehatan Pekalongan memiliki keunggulan di bidang kimia klinik, sehingga lulusannya selain dibekali dengan ketrampilan bekerja di laboratorium medik juga keterampilan di laboratorium kimia klinik. Seluruh lulusan telah bekerja di berbagai rumah sakit, laboratorium medik maupun laboratorium klinik baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia kurang dari 3 bulan setelah lulus, sebagian di antaranya sebelum lulus.

No Deskripsi DIII Analis Kesehatan
1 Program Unggulan Kimia Klinik
2 Beban Studi 114 SKS
3 Masa Studi 6 Semester
4 Gelar Yang Diperoleh Ahli Madya Analis Kesehatan (A.md.A.K)
5 Kebutuhan Nasional Keteknisian Medis Tahun 2019 berjumlah 43.436 orang, Tahun 2025 berjumlah 53.400 orang